Minggu, 12 Juni 2016

ASMA BRONKIAL

Asma bronkial atau sesak napas adalah penyempitan saluran pernapasan akibat adanya proses peradangan karena paparan dari luar tubuh. Hal ini disebabkan karena adanya beberapa faktor, seperti Genetik atau keturunan (riwayat alergi pada keluarga), Debu, Asap, Tungau, Cuaca dan lingkungan, Makanan, Gangguan emosional / stress, serta Aktifitas fisik yang berat.
Seseorang yang terkena asma dapat dilihat dari beberapa gejala. Hal ini seperti yang disampaikan oleh dr. Sirri Siriyyati dalam Penyuluhan di Ruang Tunggu Rawat Jalan RS Paru Manguharjo Madiun bahwa, “ Gejala seseorang apabila terkena asma adalah Sesak napas, napas terasa berat, Batuk, Dada terasa tertekan, Napas berbunyi (mengi) dan Bernapas dengan menggunakan otot napas tambahan.” (30/05)
“Asma dapat dicegah dengan cara Menghindari alergen (zat yang menyebabkan alergi), Menggunakan masker, Memakai selimut atau jaket, Menghindari kelelahan, Menghindari stress psikis, Menjaga kebersihan lingkungan, Makan makanan bergizi, dan Olahraga teratur, “ ujarnya.
Menurut dr.Sirri, jika pencegahan dilakukan dengan benar maka kemungkinan seseorang untuk terkena asma sangatlah kecil. Akan tetapi apabila seseorang mengalami gejala asma seperti yang sudah disampaikan diatas maka harus segera mendapat penanganan dokter, atau berobat ke rumah sakit.
Dan di RS Paru Manguharjo Madiun inilah, pasien Asma akan mendapat pelayanan dan pengobatan optimal oleh tenaga profesional.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar